Piru – Sesuai dengan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 yang mengamanatkan tentang sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan Penjaminan Mutu di seluruh satuan pendidikan dasar dan menengah. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Indonesia berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr La Mansur, Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan LPMP Maluku saat memberikan pencerahan pada acara Seminar Best Practice  Bagi sekolah Model dan sekolah Sasar Rujukan Tahun 2019 yang diadakan di aula kantor Bupati, Senin 9 Desember 2019.

Dr La Mansur, salah satu narasumber

“Kegiatan seminar best practice sekolah model dan sekolah dasar rujukan merupakan program dalam membangun “budaya mutu” sekolah melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)” tutur La Mansur.

Sekolah model dan sekolah dasar rujukan ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjadi sekolah acuab bagi sekolah imbas dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah imbas itu sendiri adalah sekolah yang berada di dalam wilayah binatang yang sama dengan sekolah model yang akan mendapatkan pengimbasab Best Practice implementasi SPMI dari sekolah model.

Melalui program sekolah model, sekolah yang ditunggu sebagai sekolah model diberikan penguatan dan pembinaan untuk mampu menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan internal secara sistematik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga “budaya mutu” dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri pada sekolah tersebut.

Sekolah model diharapkan menjadi percontohan sekolah berbasis SNP melalui penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri pada tahun 2019. Untuk mencapai hal tersebut, secara bertahap pemerintah telah menjalankan program dan kegiatan pengembangan sekolah model melalui penyiapan fasilitator pengembangan sekolah model dan pengimbasan, monitoring dan evaluasi sekolah model serta pelaksanaan kegiatan seminar Best Practice sekolah model dan sekolah dasar rujukan tahun 2019.

LEAVE A REPLY