Piru: Dalam rangka memperingati HUT GPM yang ke 84 Tahun 2019, Klasis Seram Barat menggelar acara Pegelaran Seni dan Budaya yang diikuti oleh seluruh Jemaat GPM yang berada pada lingkup pelayanan Klasis Seram Barat dan juga beberapa Sekolah Kristen di Kecamatan Seram Barat yang berlangsung di Gedung Hatutelu Kota Piru.

Dalam sambutannya, Ketua Klasis Seram Barat Pdt. Ny. RM. Haliwela mengatakan selaku umat GPM patutlah kita bersyukur atas seluruh kehidupan kita atas talenta yang Tuhan berikan kepada kita dimana saat ini Klasis Seram Barat menggelar Petas Seni Budaya sebagai kesadaran gereja dalam upaya bersama-sama degan semua elemen bangsa ini untuk dapat menjaga dan mengembangkan budaya-budaya daerah yang menjadi kekayaan kita bersama.

Dirinya berharap agar pentasan seni budaya yang dilaksanakan bukan saja berakhir diatas panggung tetapi kiranya budaya ini dapat menjadi sarana transformasi nilai-nilai luhur, nilai-nilai baik yang terkandung dalam pentasan sebab hal ini menjadi tanggungjawab sebagai warga gereja, bangsa dan Negara dalam memelihara dan melestarikan nilai-nilai budaya agar identitas dan jati diri menjadi terkikis oleh pekerjaan jaman.

Sementara itu peserta yang turut ikut mengambil bagian dalam pergelaran tersebut berjumlah 28 peserta diantaranya SMK Kristen Seram Barat menampilkan musikalisasi puisi, Paduan Suara Acapela Paud Kristen Morekau, Vocal Group Jemaat Hatu Alang, Jemaat Papora yang menampilkan sejarah Jemaat Papora, Tari Orlapei oleh SD Kristen 2 Piru, tarian Sapa E,Lake Jemaat Lumoli, tari gula mayang oleh jemaat Layuen, tari potong bapotong damar oleh Jemaat Hatumuli, Tari Maro-Maro Jemaat Neniari, Tari Tifa Iwune/ Timba Ikan Nasi oleh Jemaat Mata Empat, Tari Katreji oleh SD Kristen 1 Piru, Tari Tampurung oleh Jemaat Siaputih, Tari Pukul sagu/Hutu Lapia oleh Jemaat Eti, Tari pata cengkeh oleh jemaat translok Elim, tari sejarah berdirinya jemaat Getsemani oleh Jemaat Getsemani, Tari bubu oleh SMP Kristen Piru, Tari Tipar Mayang oleh Jemaat Alang Asaude, Tari Bameti oleh Jemaat Ariate, Puisi dan Teaterikal oleh Tomlehu Timur, tari bakar sagu dan cucu atap oleh Jemaat Lokki, Tari Sawat oleh Jemaat Buano Selatan, Tari kalesang Negeri oleh Jemaat Piru dan Sentda Tari Lisa Patola (Batu Patola) oleh Jemaat Morekau

LEAVE A REPLY