Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Drs. Moh Yasin Payapo, MSc hari ini Jumat (04/10/2019) kembali menyambangi Posko Penanganan Bencana SBB di Desa Waimital Kecamatan Kairatu.

Setibanya di lokasi Posko, Bupati langsung melakukan pengecekan dan pengupdatean data jumlah bantuan yang masuk serta data jumlah bantuan yang telah didistribusikan kepada pengungsi.

Saat melihat masih ada sebagaian besar bantuan yang masih tertahan atau belum tersalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, Bupati sontak memanggil Sekretaris Daerah (Sekda) selaku pimpinan posko, kepala OPD terkait dan para camat yang wilayah terdampak bencana dan memiliki pengungsi.

Bantuan yang masih tertahan di posko bantuan dan siap di distribusikan.

Setelah berdiskusi Bupati kemudian diberi tahu bahwa kendala yang ada hingga belum semua bantuan terdistribusi adalah karena kurangnya tenaga buruh bongkar muat dan kendaraan pengangkut.

Bupati kemudian memberikan arahan dan petunjuk untuk segera melakukan koodinasi agar dapat mempercepat proses penyaluran bantuan yang tersisa, berdasarkan kendala yang ada.

“Saya minta kepada Pak Sekda selaku penanggung jawab posko disini dan juga Kadis Sosial agar kalau bisa bantuan yang masuk ke sini jangan terlalu lama tertahan dan secepatnya dapat disalurkan kepada masyarakat” ujar Bupati.

Proses pengangkutan beras bantuan oleh tenaga buruh dan relawan.

Beliau menambahkan, “Untuk para pimpinan OPD juga tolong bantuan dan kerjasamanya agar bersama Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kita dorong agar sesegera mungkin distribusi bantuan ini jalan.”

“Untuk para Camat, segera lakukan pengecekan ke Dinas Sosial untuk mengetahui jenis dan jumlah bantuan yang akan disalurkan di wilayah masing-masing. Jangan lupa untuk tetap memperbaharui data baik pengungsi, kebutuhan mereka maupun bantuan apa saja yang sudah diterima.”

“Untuk masalah buruh dan kendaraan pengangkut saya minta kalau bisa disiapkan saja langsung oleh masing-masing camat saja agar kita tidak menunggu terlalu lama dalam proses bongkar muatnya.”

Bantuan yang mulai didistribusikan setelah di intrusikan oleh Bapak Bupati SBB.

“Camat harus proaktif untuk menjemput dan mengawal distribusi bantuan di wilayahnya karena Bapak Ibu sekalian adalah perpanjangan tangan langsung dari Pemda yang bertanggung jawab atas penyaluran bantuan ini”, tutup Bupati berpesan.

LEAVE A REPLY