Piru- 360 mahasiswa KKN PPM Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) angkatan 46 semester genap tahun 2018/2019  melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Seram Bagian Barat, kehadiran mahasiswa KKN dengan tema manggurebe Maju membangun masyarakat Maluku bersama Mahasiswa KKN UKIM Angkatan 46 terima langsung oleh Pemerintah Kabupaten yang diwakili oleh Asisten III Setda SBB Drs. Leonard Kakisina dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah di gedung Hatutelu, Kota Piru.

Menurut Pembantu Rektor Satu UKIM Dr.S.J.Hehanussa,M.Si dalam sambutannya mengatakan 360 Mahasiswa KKN PPM UKIM terlebih dahulu telah diberikan pembekalan selama dua hari dikampus UKIM Tanah lapang kecil (Talake) yang dikenal dengan “Kampus Orang Basudara.

Dengan demikian diharapkan bahwa kehadiran mahasiswa didalam melaksanakan KKN PPM ini akan mampu untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan serta wawasan mereka dalam kehidupan bermasyarakat.

Katanya pula, pelaksanaan KKN PPM ini merupakan salah satu perwujudan tri dharma perguruan tinggi, maka 360 mahasiswa KKN PPM UKIM yang didampingi oleh 33 Dosen pendamping telah siap untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Sementara itu, Asisten III Setda SBB, Drs. Leonard Kakisina ketika membacakan sambutan Bupati SBB mengatakan, Mahasiswa merupakan kalangan muda yang mengalami peralihan dari remaja ke tahap dewasa, mereka juga merupakan masyarakat perguruan tinggi yang merupakan agen of change humas sosiality. Tentunya mahasiswa perlu dipersiapkan lebih awal sebagai pengabdi bangsa dan agama serta masyarakat agar nantinya dapat menyelenggarakan peran masa depan mereka secara lebih baik dan penuh tanggungjawab dalam upaya bersama memajukan kehidupan bangsa, agama dan masyarakat dan aktualisasi serta pengoptimalan peran mahasiswa harus dalam kontibusi nyata adalah kepedulian serta kritisanya terhadap permasalahan kemasyarakatan lewat kuliah kerja nyata atau KKN yang bertujuan untuk mendidik dan melatih mahasiswa untuk bekerja secara inter relation ship dalam menemukan, merumuskan dan memecahkan masalah kemasyarakatan.

“Saya selaku pimpinan daerah memberikan apresiasi dan pernghargaan yang tulus kepada UKIM yang adalah kampus orang basudara karena sudah sejak dahulu telah bergerak bersama, berirama mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan akademi dan professional yang dapat diterapkan, dikembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi juga kesenian serta mengoptimalkan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional kita ” ucap  Kakisina.

Untuk itu, Kakisina berharap agar mahasiswa KKN UKIM Tahun 2019 benar-benar dapat mengsinerjikan tujuan KKN dengan Visi Daerah Seram Bagian Barat yaitu untuk mewujudkan masyarakat Seram bagian Barat yang berbudi pekerti luhur, aman sejahtera d, adil, dan bermartabat.

LEAVE A REPLY